Terbaru 2020 | Mahasiswa UNDIP Berikan Solusi atas Pemborosan Energi untuk Memipil Jagung

Kuliah Kerja Nyata atau biasa disingkat KKN adalah bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di Indonesia. Melalui kegiatan KKN yang diselenggarakan Universitas Diponegoro, mahasiswa yang sedang menjalani kegiatan KKN memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi petani jagung yang ada di Kabupaten Pemalang.

Melalui tahap survei, salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang bernama Ilham Maulana Prihutama yang tergabung dalam TIM I KKN UNDIP TAHUN 2020, menemukan beberapa permasalahan yang sedang dihadapi petani jagung yang ada di Desa Jatingarang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Salah satu masalah yang diambil yaitu pemborosan bahan bakar yang digunakan untuk menggerakan mesin pemipil jagung.

Pada hari Senin (10/02/2020) mahasiswa tersebut menyampaikan solusi yang sedang di alami para petani jagung, yaitu dengan cara melakukan modifikasi pada poros penggerak mesin pemipil jagung. Atas program yang dikerjakan mahasiswa, kelompok tani Desa Jatingarang sangat terbantu, karena untuk memipil satu kwintal jagung yang tadinya membutuhkan 1,5 liter bensin untuk menggerak motor, menjadi hanya 1 liter saja.

Pemerintah Desa Jatingarang

WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA JATINGARANG, KECAMATAN BODEH, KABUPATEN PEMALANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *