Terbaru 2020 | Manfaatkan Pekarangan Masjid Jadi Taman Sehat

Jumat (31/01/2020), Saat ini Desa Jatingarang belum memiliki ruang publik serta ruang terbuka hijau untuk masyarakat sebagai sarana interaksi sosial dan budaya masyarakat. Meskipun Desa  Jatingarang  memiliki wilayah yang cukup luas dari desa lainnya, desa ini memiliki keterbatasan lahan untuk membangun sarana prasarana desa. Namun, bagaimana jika memanfaatkan pekarangan masjid menjadi ruang terbuka hijau?

Kintan Nabilla Zain, mahasiswa program studi Arsitektur yang saat ini tergabung dalam KKN UNDIP 2020 TIM I Desa Jatingarang, Bodeh, Pemalang mengusulkan perencanaan pembuatan taman dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di masjid Dusun Jatingarang yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Taman ini mengusung konsep “Taman Sehat” dengan desain yang tidak hanya mempertimbangkan aspek estetika tetapi juga aspek fungsional dan aspek kesehatan. Fasilitas yang ditawarkan dalam  konsep taman ini berupa jalur refleksi, kolam ikan dan juga sitting group untuk menunjang aktivitas masyarakat desa setelah beribadah di masjid. Selain itu direncanakan pula pembagian zona area parkir, pintu masuk masjid serta desain signage masjid desa.

Desain ini dipresentasikan pada hari Jumat, 31 Januari 2020 di Balai Desa Jatingarang yang dihadiri oleh Perangkat Desa dan masyarakat desa yang diwakilan oleh panitia pembangunan masjid Dusun Jatingarang. Pembuatan desain Taman Sehat ini meraih antusiasme tinggi terutamadari perwakilan panitia pembangunan masjid yang telah mengapresiasi dan berterima kasih telah membantu perencanaan pembangunan masjid.

Pemerintah Desa Jatingarang

WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA JATINGARANG, KECAMATAN BODEH, KABUPATEN PEMALANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *