Uncategorized

Tim KKN UNSOED Bersama BPBD Kabupaten Pemalang Melaksanakan Sosialisasi Penanggulangan Bencana

Jatingarang, 11 Januari 2024

Tim KKN UNSOED Desa Jatingarang berkolaborasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pemalang dalam melaksanakan sosialisasi penanggulangan bencana. Acara dilakukan di Balai Desa Jatingarang dan dihadiri oleh perangkat desa, kader desa, Linmas, dan elemen masyarakat lainnya.

Narasumber dalam sosialisasi penanggulangan bencana, yaitu Ronny Setyawan, S.STP., M.Sc selaku Sub Koordinator Pencegahan di BPBD Kab. Pemalang. Dalam sosialisasi kali ini dijelaskan bahwa potensi bencana alam di Desa Jatingarang antara lain tanah longsor, angin puting beliung, dan banjir. Hal ini disebabkan karena letak geografis Desa Jatingarang di daerah dataran tinggi.

Dijelaskan lebih lanjut, dalam upaya meningkatkan efektivitas penanggulangan bencana, langkah-langkah preventif menjadi kunci utama. Pemerintah dan masyarakat perlu bersinergi dalam mengidentifikasi risiko potensial, membangun infrastruktur tangguh, dan menyelenggarakan pelatihan evakuasi. Pendekatan preventif tidak hanya meminimalkan kerugian fisik, tetapi juga mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat bencana. Dengan kesadaran akan pentingnya langkah preventif, diharapkan dapat menciptakan suatu lingkungan yang lebih aman dan tangguh di tengah ancaman bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *