KKNTIMIIUNDIP2023Tak Berkategori

Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Sosialisasi Alternatif Layout Dalam Proses Produksi di Rumah Produksi Konveksi Di Desa Jatingarang

Desa Jatingarang, 28 Juli 2023 – Di tengah semangat untuk terus meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas hasil kerja, sebuah sosialisasi Alternatif Layout dalam Proses Produksi digelar di salah satu rumah produksi konveksi di Desa Jatingarang. Kegiatan ini dilaksanaan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengaturan tata letak yang lebih efisien dan ergonomis bagi para pekerja.

Dalam meningkatkan kualitas dari produksi konveksi di Desa Jatingarang, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Periode 2022/2023 Otniel Joe Anggi Saragih dari jurusan Teknik Industri melakukan penyuluhan mengenai sosialisasi alternatif layout dalam produksi konveksi. Sosialisasi dilakukan kepada pekerja konveksi dan pemilik usaha di usaha konveksi Mbah Suwuk di Dusun Jatingarang. Sosialisasi dilakukan pada pada hari senin, 24 Juli 2023 dengan materi yang disampaikan berupa pengertian layout dan manfaaat penerapan layout yang baik.

Sosialisasi Alternatif Layout dalam Proses Produksi dilakukan dengan menyampaikan beberapa materi yang mendukung dasar dari manfaat dari pembuatan alternatif layout untuk meningkatkan produktifitas. Beberapa materi yang disampaikan antaralain:

  • Pentingnya Tata Letak: Peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya tata letak yang strategis dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi. Penempatan mesin, area penyimpanan, dan alur proses menjadi fokus utama dalam perancangan layout yang tepat.
  • Langkah-langkah Identifikasi Masalah: Para peserta diajak untuk mengidentifikasi masalah atau hambatan dalam tata letak yang saat ini ada di area produksi mereka.
  • Prinsip Ergonomi: Selain efisiensi, kenyamanan dan kesehatan pekerja juga menjadi perhatian utama. Prinsip ergonomi diajarkan kepada peserta untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan mengurangi risiko cedera akibat gerakan yang tidak ergonomis.
  • Pemberian Contoh Layout Alternatif: Para peserta diberikan contoh gambaran alternatif layout yang lebih efisien berdasarkan masalah-masalah yang telah diidentifikasi.
  • Implementasi dan Evaluasi: Langkah terakhir adalah merencanakan tahapan implementasi layout baru. Selain itu, pentingnya melakukan evaluasi secara berkala untuk terus meningkatkan dan menyempurnakan layout juga ditekankan.

Para peserta menunjukkan antusiasme mereka selama sesi sosialisasi. Mereka menyadari pentingnya mengoptimalkan tata letak produksi dan siap untuk berkontribusi dalam merancang layout alternatif yang lebih baik. Diharapkan, perubahan ini akan membawa dampak positif dalam meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kesejahteraan pekerja.

Sosialisasi Alternatif Layout dalam Proses Produksi ini berakhir dengan semangat tinggi dari seluruh peserta yang berkomitmen untuk mengubah tata letak produksi menjadi lebih efisien dan lebih ergonomis demi mencapai kesuksesan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *